Hadis tentang Ru'yatullah | Melihat Allah

Admin Saturday, December 25, 2010

Pendahuluan
                Pembahasan mengenai akhirat tampaknya tidak bisa semata-mata didekati secara rasional-iliah karena jika hanya mengandalkan rasionalitas atau ukuran panca indra akan gagal mengkonsepsikannya. Diantara episode-episode akhirat yang akan dilalui salah satunya adalah Ru’yatullah (melihat Allah) yaitu melihat Allah SWT dengan penglihatan mata kita, dinamakan demikian karena pada hari ketika manusia di bangkitkan, kelak manusia akan dapat melihat Allah SWT dengan mata kepala sendiri.
                Episode ini merupakan proses kontinuitas yang saling terkait. Karena itu, informasi tentang ini dikategorikan sebagai al-Akhbar al-Mughayyabat yang tidak ada seorangpun yang tahu kecuali bersandarkan nash al-Qur’an dan al-Hadis. Keyakinan bahwa Ru’yatullah itu ada, maka akan timbul kesadaran spiritual mengimani bahwa perkara tersebut adalah sesuatu yang akan terjadi dan pasti terjadi, dalam hal ini doktrin akhirat menjadi sebuah wacana penting sebagai upaya untuk menyikapinya. Keyakinan terhadap doktrin ini menyebabkan seseorang berusaha untuk menerawang nilai-nilai positifisme kehidupan masa datang, yang boleh jadi mengantarkannya untuk hidup dengan cara meninggalkan kepentingan-kepentingan duniawi dan merangkul kepentingan duniawi tersebut sebagai sebuah proses keniscayaan.
                Realitasnya, Ru’yatullah menuai banyak pro dan kontra, menjadikan Ru’yatullah sebagai sesuatu yang patut dikaji dan masih hangat hingga sekarang. Hal ini pula yang mendorong pemakalah untuk sedikit bersumbangsih memetakan alur Ru’yatullah lewat penulisan makalah. Modus perhatian pemakalah terfokus kepada :
  • Identifikasi Hadis Ru’yatullah
  • Takhrij al-Hadis tentangnya
  • Kontekstualisasi
  • Kapan dan dimana Ru’yatullah ?
  • Gambaran Ru’yatulah
  • Pro kontra ahlu al-Sunnah Wa al-Jama’ah vs Mu’tazilah

Hadis tentang ru’yatullah
                حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ وَعَطَاءُ بْنُ يَزِيدَ اللَّيْثِيُّ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُمَا أَنَّ النَّاسَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ نَرَى رَبَّنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالَ هَلْ تُمَارُونَ فِي الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ لَيْسَ دُونَهُ سَحَابٌ قَالُوا لَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَهَلْ تُمَارُونَ فِي الشَّمْسِ لَيْسَ دُونَهَا سَحَابٌ قَالُوا لَا قَالَ فَإِنَّكُمْ تَرَوْنَهُ كَذَلِكَ يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَيَقُولُ مَنْ كَانَ يَعْبُدُ شَيْئًا فَلْيَتَّبِعْ فَمِنْهُمْ مَنْ يَتَّبِعُ الشَّمْسَ وَمِنْهُمْ مَنْ يَتَّبِعُ الْقَمَرَ وَمِنْهُمْ مَنْ يَتَّبِعُ الطَّوَاغِيتَ وَتَبْقَى هَذِهِ الْأُمَّةُ فِيهَا مُنَافِقُوهَا فَيَأْتِيهِمْ اللَّهُ فَيَقُولُ أَنَا رَبُّكُمْ فَيَقُولُونَ هَذَا مَكَانُنَا حَتَّى يَأْتِيَنَا رَبُّنَا فَإِذَا جَاءَ رَبُّنَا عَرَفْنَاهُ فَيَأْتِيهِمْ اللَّهُ فَيَقُولُ أَنَا رَبُّكُمْ فَيَقُولُونَ أَنْتَ رَبُّنَا فَيَدْعُوهُمْ فَيُضْرَبُ الصِّرَاطُ بَيْنَ ظَهْرَانَيْ جَهَنَّمَ فَأَكُونُ أَوَّلَ مَنْ يَجُوزُ مِنْ الرُّسُلِ بِأُمَّتِهِ وَلَا يَتَكَلَّمُ يَوْمَئِذٍ أَحَدٌ إِلَّا الرُّسُلُ وَكَلَامُ الرُّسُلِ يَوْمَئِذٍ اللَّهُمَّ سَلِّمْ سَلِّمْ وَفِي جَهَنَّمَ كَلَالِيبُ مِثْلُ شَوْكِ السَّعْدَانِ هَلْ رَأَيْتُمْ شَوْكَ السَّعْدَانِ قَالُوا نَعَمْ قَالَ فَإِنَّهَا مِثْلُ شَوْكِ السَّعْدَانِ غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَعْلَمُ قَدْرَ عِظَمِهَا إِلَّا اللَّهُ تَخْطَفُ النَّاسَ بِأَعْمَالِهِمْ فَمِنْهُمْ مَنْ يُوبَقُ بِعَمَلِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ يُخَرْدَلُ ثُمَّ يَنْجُو حَتَّى إِذَا أَرَادَ اللَّهُ رَحْمَةَ مَنْ أَرَادَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ أَمَرَ اللَّهُ الْمَلَائِكَةَ أَنْ يُخْرِجُوا مَنْ كَانَ يَعْبُدُ اللَّهَ فَيُخْرِجُونَهُمْ وَيَعْرِفُونَهُمْ بِآثَارِ السُّجُودِ وَحَرَّمَ اللَّهُ عَلَى النَّارِ أَنْ تَأْكُلَ أَثَرَ السُّجُودِ فَيَخْرُجُونَ مِنْ النَّارِ فَكُلُّ ابْنِ آدَمَ تَأْكُلُهُ النَّارُ إِلَّا أَثَرَ السُّجُودِ فَيَخْرُجُونَ مِنْ النَّارِ قَدْ امْتَحَشُوا فَيُصَبُّ عَلَيْهِمْ مَاءُ الْحَيَاةِ فَيَنْبُتُونَ كَمَا تَنْبُتُ الْحِبَّةُ فِي حَمِيلِ السَّيْلِ ثُمَّ يَفْرُغُ اللَّهُ مِنْ الْقَضَاءِ بَيْنَ الْعِبَادِ وَيَبْقَى رَجُلٌ بَيْنَ الْجَنَّةِ وَالنَّارِ وَهُوَ آخِرُ أَهْلِ النَّارِ دُخُولًا الْجَنَّةَ مُقْبِلٌ بِوَجْهِهِ قِبَلَ النَّارِ فَيَقُولُ يَا رَبِّ اصْرِفْ وَجْهِي عَنْ النَّارِ قَدْ قَشَبَنِي رِيحُهَا وَأَحْرَقَنِي ذَكَاؤُهَا فَيَقُولُ هَلْ عَسَيْتَ إِنْ فُعِلَ ذَلِكَ بِكَ أَنْ تَسْأَلَ غَيْرَ ذَلِكَ فَيَقُولُ لَا وَعِزَّتِكَ فَيُعْطِي اللَّهَ مَا يَشَاءُ مِنْ عَهْدٍ وَمِيثَاقٍ فَيَصْرِفُ اللَّهُ وَجْهَهُ عَنْ النَّارِ فَإِذَا أَقْبَلَ بِهِ عَلَى الْجَنَّةِ رَأَى بَهْجَتَهَا سَكَتَ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَسْكُتَ ثُمَّ قَالَ يَا رَبِّ قَدِّمْنِي عِنْدَ بَابِ الْجَنَّةِ فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ أَلَيْسَ قَدْ أَعْطَيْتَ الْعُهُودَ وَالْمِيثَاقَ أَنْ لَا تَسْأَلَ غَيْرَ الَّذِي كُنْتَ سَأَلْتَ فَيَقُولُ يَا رَبِّ لَا أَكُونُ أَشْقَى خَلْقِكَ فَيَقُولُ فَمَا عَسَيْتَ إِنْ أُعْطِيتَ ذَلِكَ أَنْ لَا تَسْأَلَ غَيْرَهُ فَيَقُولُ لَا وَعِزَّتِكَ لَا أَسْأَلُ غَيْرَ ذَلِكَ فَيُعْطِي رَبَّهُ مَا شَاءَ مِنْ عَهْدٍ وَمِيثَاقٍ فَيُقَدِّمُهُ إِلَى بَابِ الْجَنَّةِ فَإِذَا بَلَغَ بَابَهَا فَرَأَى زَهْرَتَهَا وَمَا فِيهَا مِنْ النَّضْرَةِ وَالسُّرُورِ فَيَسْكُتُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَسْكُتَ فَيَقُولُ يَا رَبِّ أَدْخِلْنِي الْجَنَّةَ فَيَقُولُ اللَّهُ وَيْحَكَ يَا ابْنَ آدَمَ مَا أَغْدَرَكَ أَلَيْسَ قَدْ أَعْطَيْتَ الْعُهُودَ وَالْمِيثَاقَ أَنْ لَا تَسْأَلَ غَيْرَ الَّذِي أُعْطِيتَ فَيَقُولُ يَا رَبِّ لَا تَجْعَلْنِي أَشْقَى خَلْقِكَ فَيَضْحَكُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مِنْهُ ثُمَّ يَأْذَنُ لَهُ فِي دُخُولِ الْجَنَّةِ فَيَقُولُ تَمَنَّ فَيَتَمَنَّى حَتَّى إِذَا انْقَطَعَ أُمْنِيَّتُهُ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ كَذَا وَكَذَا أَقْبَلَ يُذَكِّرُهُ رَبُّهُ حَتَّى إِذَا انْتَهَتْ بِهِ الْأَمَانِيُّ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى لَكَ ذَلِكَ وَمِثْلُهُ مَعَهُ قَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ لِأَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ اللَّهُ لَكَ ذَلِكَ وَعَشَرَةُ أَمْثَالِهِ قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ لَمْ أَحْفَظْ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا قَوْلَهُ لَكَ ذَلِكَ وَمِثْلُهُ مَعَهُ قَالَ أَبُو سَعِيدٍ إِنِّي سَمِعْتُهُ يَقُولُ ذَلِكَ لَكَ وَعَشَرَةُ أَمْثَالِه[1]ِ
Artinya :
                Bahwasanya orang-orang berkata kepada Rasulullah SAW apakah kita akan  melihat tuhan kita pada hari kiamat kelak, bersabda Rasulullah SAW : Apakah kalian lihat bulan di waktu malam purnama tidak berawan, tidak ya Rasul, apakah juga kalian lihat matahari tanpa ada awan yang menghalangi(sinarnya), tidak ya Rasul, maka demikianlah sungguh kalian akan melihatnya……….( H.R al-Bukhari).

A. Identifikasi hadis
                Upaya identifikasi terhadap hadis diatas, penulis melalui takhrij al-Hadis* membaginya dengan alur kroscek sanad al-Hadis dan kroscek matan al-Hadis, adapun terhadap sanad hadis setelah dilakukan penelitian adalah sebagai berikut :
                Bahwa hadis yang membicarakan ru’yatullah (melihat Allah ) ini berkualitas hasan, karena sanad al-Hadis dihukumi marfu’ muttasil terlebih jika dilihat para periwayat di dalamnya yang mendapat posisi peringkat satu(سعد بن مالك:صحابي) tiga :, (يحي بن عمارة :ثقة/متقن/عدل)tiga (عمروا بن يحي:ثقة/متقن/عدل):, adapula yang empat  ( مالك بن أنس:صدوق أوّلا بأمره).serta lima :(إسماعيل:صدوق سيّئ الحفط أو يهمّ).

Matan al-Hadis  
                Kaitannya  dengan matan, banyak ditemukan hadis-hadis lain yang semakna dengan hadis diatas, antara lain :
رقم الحديث
إسم الكتاب
المصادر
رقم
267،268,269،270،271،287
الإيمان
صحيع مسلم
1
2356
صفة القيامة والرقائق و الورع عن رسولالله
سنن الترميذي
2
1128
التطبيق
سنن النسائ
3
4270
الزهد
سنن إبن ماجه
4
7392،10593،19655،10724،
10770,11107

بقي سند المكثّرين
مسند أحمد بن حنبل
5

1.                  صحيص مسلم رقم 267[2]
                حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ اللَّيْثِيِّ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ نَاسًا قَالُوا لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ نَرَى رَبَّنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَلْ تُضَارُّونَ فِي رُؤْيَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ قَالُوا لَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ هَلْ تُضَارُّونَ فِي الشَّمْسِ لَيْسَ دُونَهَا سَحَابٌ قَالُوا لَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَإِنَّكُمْ تَرَوْنَهُ كَذَلِكَ يَجْمَعُ اللَّهُ النَّاسَ يَوْمَ الْقِيَامَةِفَيَقُولُ مَنْ كَانَ يَعْبُدُ شَيْئًا فَلْيَتَّبِعْهُ فَيَتَّبِعُ مَنْ كَانَ يَعْبُدُ الشَّمْسَ الشَّمْسَ وَيَتَّبِعُ مَنْ كَانَ يَعْبُدُ الْقَمَرَ الْقَمَرَ وَيَتَّبِعُ مَنْ كَانَ يَعْبُدُ الطَّوَاغِيتَ الطَّوَاغِيتَ وَتَبْقَى هَذِهِ الْأُمَّةُ فِيهَا مُنَافِقُوهَا فَيَأْتِيهِمْ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى فِي صُورَةٍ غَيْرِ صُورَتِهِ الَّتِي يَعْرِفُونَ فَيَقُولُ أَنَا رَبُّكُمْ فَيَقُولُونَ نَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْكَ هَذَا مَكَانُنَا حَتَّى يَأْتِيَنَا رَبُّنَا فَإِذَا جَاءَ رَبُّنَا عَرَفْنَاهُ فَيَأْتِيهِمْ اللَّهُ تَعَالَى فِي صُورَتِهِ الَّتِي يَعْرِفُون..........
               
    2.    صحيص مسلم رقم [3]269           
و حَدَّثَنِي سُوَيْدُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنِي حَفْصُ بْنُ مَيْسَرَةَ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ نَاسًا فِي زَمَنِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ نَرَى رَبَّنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَعَمْ قَالَ هَلْ تُضَارُّونَ فِي رُؤْيَةِ الشَّمْسِ بِالظَّهِيرَةِ صَحْوًا لَيْسَ مَعَهَا سَحَابٌ وَهَلْ تُضَارُّونَ فِي رُؤْيَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ صَحْوًا لَيْسَ فِيهَا سَحَابٌ قَالُوا لَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَا تُضَارُّونَ فِي رُؤْيَةِ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِلَّا كَمَا تُضَارُّونَ فِي رُؤْيَةِ أَحَدِهِمَا إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ أَذَّنَ مُؤَذِّنٌ لِيَتَّبِعْ كُلُّ أُمَّةٍ مَا كَانَتْ تَعْبُدُ فَلَا يَبْقَى أَحَدٌ كَانَ يَعْبُدُ غَيْرَ اللَّهِ سُبْحَانَهُ مِنْ الْأَصْنَامِ وَالْأَنْصَابِ إِلَّا يَتَسَاقَطُونَ فِي النَّار........ِ    

 2.   سنن الترميذي رقم 2358[4]      
                 أَخْبَرَنَا سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ أَخْبَرَنَا أَبُو حَيَّانَ التَّيْمِيُّ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ بْنِ عَمْرِو بْنِ جَرِيرٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ أُتِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِلَحْمٍ فَرُفِعَ إِلَيْهِ الذِّرَاعُ فَأَكَلَهُ وَكَانَتْ تُعْجِبُهُ فَنَهَسَ مِنْهَا نَهْسَةً ثُمَّ قَالَ أَنَا سَيِّدُ النَّاسِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ هَلْ تَدْرُونَ لِمَ ذَاكَ يَجْمَعُ اللَّهُ النَّاسَ الْأَوَّلِينَ وَالْآخِرِينَ فِي صَعِيدٍ وَاحِدٍ فَيُسْمِعُهُمْ الدَّاعِي وَيَنْفُذُهُمْ الْبَصَرُ وَتَدْنُو الشَّمْسُ مِنْهُمْ فَبَلَغَ النَّاسُ مِنْ الْغَمِّ وَالْكَرْبِ مَا لَا يُطِيقُونَ وَلَا يَحْتَمِلُونَ فَيَقُولُ النَّاسُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ أَلَا تَرَوْنَ مَا قَدْ بَلَغَكُمْ أَلَا تَنْظُرُونَ مَنْ يَشْفَعُ لَكُمْ إِلَى رَبِّكُمْ فَيَقُولُ النَّاسُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَلَيْكُمْ بِآدَمَ فَيَأْتُونَ آدَمَ فَيَقُولُونَ أَنْتَ أَبُو الْبَشَرِ....
   
B. Kontekstualisasi

                Ru’yah secara bahasa berarti melihat berasal dari رأي،يري،رأياً،ورأيةً [5]  yaitu melihat dengan mata kepala ataupun mata telanjang. Sehingga ru’yatullah berarti melihat Allah SWT dengan penglihatan mata kita. Dinamakan demikian karena pada hari ketika manusia di bangkitkan, kelak manusia akan dapat melihat Allah SWT dengan mata kepala sendiri. Dari hadis yang dijadikan sentral pembahasan ru’yatullah  yang diriwayatkan oleh al-Bukhari disana terdapat informasi Metafisik erat kaitanya dengan ahwal al-Mughayabat  yang memberikan informasi bahwa suatu saat nanti ketika manusia di bangkitkan pada hari akhirat mereka akan dapat melihat Allah SWT, gaya penyampaian dalam hadis inipun memakai istifham al-Shahaby yaitu sebagian orang mempertanyakan ihwal tersebut kemudian secara langsung dijawab oleh Rasulullah dengan menganalogikan lewat sesuatu yang tampak pada kita yaitu هَلْ تُمَارُونَ فِي الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ لَيْسَ دُونَهُ سَحَابٌ قَالُوا لَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَهَلْ تُمَارُونَ فِي الشَّمْسِ لَيْسَ دُونَهَا سَحَاب (Apakah kalian lihat bulan di waktu malam purnama tidak berawan, tidak ya Rasul, apakah juga kalian lihat matahari tanpa ada awan yang meghalangi(sinarnya), Rasul menggambarkan bahwa melihat Allah pada waktu itu ibarat kita melihat jelas bulan purnama yang cahayanya bersinar terang meski tertutup awan tapi karena  pencahayaan sinar yang melebihi, seakan awan tersebut tak terlihat, begitu pula ketika matahari bersinar di siang hari awan di sekitarnyapun terpengaruh oleh pantulan cahaya dan tak terlihat oleh mata telanjang.

C. Kapan dan dimana melihat Allah ?
                Masa dimana seorang hamba dapat melihat Rabbnya tidak banyak menuai kontroversi karena perkara tersebut dikategorikan sebagai persoalan eskatologi yang informasi berkenaan dengannya hanya di dapatkan dari al-Akhbar al-Mughayyabat dalam Nash Qath’i. Kehidupan manusia berada di dua tempat yaitu kehidupan di dunia dan kehidupan setelah dunia (alam akhirat), ketika ru’yatullah dikaitkan dengan ruang waktu yang nyata mengundang anggapan bahwasanya dzat Allah bisa dilihat di ruang waktu sekarang serta dilihat dengan mata telanjang, namun anggapan ini sangat jelas di bantah oleh Nash karena hanya pada kehidupan setelah mati saja manusia baru bisa melihatnya. Diantara nash-nash yang membantah anggapan tersebut sebagai berikut :
لَا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْأَبْصَارَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ(الأنعام:103)[6]*
 Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan”[7].
                Dalam ayat lain Allah pernah berfirman kepada Nabi Musa : ‘Lantaraanii’ (kamu tidak akan bisa melihat-Ku) [Al-A'raf : 143]. Terlebih lagi terdapat hadis-hadis yang mengisyaratkan tentangnya pula, contohnya: Rasulullah SAW bersabda: “Ketahuilah bahwa tidak ada seorang pun yang akan bisa melihat Rabb-nya hingga ia meninggal dunia”[8].Juga pernyataan ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ia berkata.: “Barangsiapa menyangka bahwasanya Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat Rabb-nya, maka orang itu telah melakukan kebohongan yang besar atas Nama Allah.”[9]                 
               

D. Skenario Ru’yatullah
                Melihat Allah SWT adalah episode kehidupan alam akhirat yang pasti terjadi dan dilewati oleh setiap manusia yang telah hidup di alam nyata (dunia), skenario ini muncul sebagai Ta’kid ilahiyah pembuktian eksistensi bahwa Allah SWT adalah Rabb yang maha besar dan yang maha segalanya, Ialah yang dulu umat manusia di dunia menyembahnya tetapi adapula yang mendurhakai perintahnya, maka pada hari itu hari dimana manusia dikumpulkan dan mengenang tingkah laku mereka selama hidup didunia, Allah membuktikan bahwa ia ada.
                Berdasarkan keterangan-keterangan yang berhasil di bungkus baik dari al-Qur’an maupun al-Hadis dapat disimpulkan bahwa perkara ru’yatullah hanya akan terjadi ketika manusia telah melewati kematian. Pada umumnya orang sepakat bahwa kematian ini merupakan peristiwa yang paling mengerikan, sehingga, mungkin tidak ada peristiwa yang lebih menakutkan di dunia ini selain daripada kematian. Namun demikian kematian adalah sebuah fakta dan keniscayaan yang tidak bias ditolak kehadirannya oleh suatu makhluk hidup. Dari sudut pandang asketis, kematian dianggap sebagai sesuatu yang akan mengakhiri kehidupan jangka pendek, sebagai pintu masuk menuju kehidupan jangka panjang yang lebih mulia. Kendati demikian kematian bukan ditempuh dengan cara-cara yang tidak wajar[10].        

E. Gambaran Melihat Allah
وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَاضِرَةٌ , إِلَى رَبِّهَا نَاظِرَةٌ
 Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Kepada Rabb-nya mereka melihat.” [Al-Qiyaamah: 22-23]
                Allah menyandarkan penglihatan kepada wajah, padahal anggota badan pada wajah yang dapat melihat adalah mata. Ayat tersebut menjadi dalil bahwa Allah dapat dilihat langsung dengan mata, tetapi penglihatan kita kepada Allah tidak mampu mencakup keseluruhan tentang-Nya, seperti yang difirmankan Allah dalam Al-Quran, "Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka, sedang ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya." (Thaahaa:110).
                Jika kita tidak mampu mengetahui Allah secara keilmuwan –sedangkan penguasaan ilmiah lebih luas dan lebih mencakup daripada pengetahuan mata menunjukkan bahwa kita juga tidak mungkin melihat Allah secara utuh dengan mata kita. Hal ini selaras dengan firman Allah, "Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan; dan Dialah yang Maha Halus lagi Maha mengetahui." (Al-An'aam: 103).
                Mata walaupun bisa melihatnya, tetapi tidak mungkin bisa mengetahuinya secara detail. Allah memang dapat dilihat secara langsung dengan mata, tetapi dengan penglihatan itu Dia tidak bisa diketahui secara detail, karena Dia terlalu agung untuk diketahui. Demikianlah pendapat para salaf dan mereka melihat bahwa nikmat paling sempurna yang diberikan Allah kepada manusia adalah melihat wajah Allah. Rasulullah Shallallahu Alahi wa Sallam  bersabda, "lezatnya melihat" karena penglihatan itu memberikan kelezatan yang tidak diketahui kecuali orang yang mengalaminya yang mendapatkan nikmat dan karunia dari Allah.
                Sedangkan orang yang mengira bahwa Allah tidak bisa dilihat dengan mata dan bahwa melihat merupakan ungkapan dari kesempurnaan keyakinan, ini adalah pendapat keliru, bertentangan dengan dalil-dalil dan tidak sesuai dengan realitas, karena kesempurnaan keyakinan juga ada di dunia, seperti yang disabdakan Nabi Shallallahu Alahi wa Sallam dalam menafsirkan kata ihsan:
قال أن تعبد كأنّك تراه فإنلم تكن تراه فإنّه يراك
"Ihsan adalah hendaklah kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, jika kamu tidak melihat-Nya, seakan-akan Dia melihatmu."[11]
                Jika kita beribadah kepada Allah seakan-akan kita melihat-Nya, ini adalah keyakinan yang sempurna. Sedangkan anggapan yang mengatakan bahwa nash-nash yang diriwayatkan tentang melihat Allah menggambarkan tentang keyakinan yang sempurna, karena orang yang yakin dengan keyakinan yang sempurna seperti orang yang melihat dengan mata kepala, adalah anggapan yang salah dan mengubah nash.               
F. Kontroversial; Ahlu Sunnah Wa al-Jama’ah VS Mu’tazilah
                Ahlu as-Sunnah wa al-Jama’ah mengimani bahwasanya kaum Muslimin akan melihat Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hari Kiamat secara jelas dengan mata kepala mereka sebagaimana melihat matahari dengan terang, tidak terhalang oleh awan sebagaimana mereka melihat bulan di malam bulan purnama. Mereka tidak berdesak-desakan melihatnya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
                “Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian, sebagaimana kalian melihat bulan pada malam bulan purnama, kalian tidak terhalang (tidak berdesak-desakan) ketika melihat-Nya. Dan jika kalian sanggup untuk tidak dikalahkan (oleh syaithan) untuk melakukan shalat sebelum Matahari terbit (shalat Subuh) dan sebelum terbenamnya (shalat ‘Ashar), maka lakukanlah.”[12] 
                Berkata Syaikh al-Utsaimin : Kaum Mukminin akan melihat Allah Subhanahu wa Ta’ala di padang Mahsyar, kemudian akan melihat-Nya lagi setelah memasuki Surga, sebagaimana yang dikehendaki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala[13]
                Melihat Allah Subhanahu wa Ta’ala merupakan kenikmatan yang paling dicintai bagi penghuni Surga.                Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (Surga) dan tambahannya.” [Yunus: 26]*. Adapun di dalam kehidupan dunia, maka tidak ada seorang pun yang dapat melihat Allah, Demikian juga sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :“Ketahuilah bahwa tidak ada seorang pun yang akan bisa melihat Rabb-nya hingga ia meninggal dunia”[14] Imam Ahmad rahimahullah pernah ditanya tentang ru’yatullah (melihat Allah pada hari Kiamat), maka Beliau Rahimahullah menjawab. “Hadits-haditsnya shahih, kita mengimani dan mengakuinya, dan setiap hadits yang diriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan sanad yang shahih, kita mengimani dan mengakuinya.”[15] 
                Adakah golongan yang menolak ru’yatullah secara mutlak? Karya-karya para ulama terdahulu menjadi saksi akan keberadaan golongan ini, sehingga masalah ini (ru’yatullah) adalah masalah prinsip yang membedakan antara aqidah Islam dan aqidah yang tidak berasal dari Islam, muncul sejumlah nama besar para penentang ru’yatullah seperti al-Jahm bin Shofwan as-Samarkandy dengan gerakan Jahmiyahnya, Amr bin Ubaid, dan Washil bin Atho’ al Fazaary dengan gerakan Mu’tazilahnya serta golongan al-Imamiyah dan az- Zaidiyah dari kelompok Syi’ah, mereka memelintir nash-nash yang berkaitan dengan ru’yatullah, bukan ini saja, tetapi juga muncul dari kelompok Suluk kaum Sufi yang beranggapan bahwa Allah dapat dilihat di dunia dan di akhirat, bahkan sebagian dari mereka kelompok Hululiyah menyatakan bahwa Dzat Allah dapat bersatu dengan makhlukNya, juga al-Ittihadiyyah yang mengatakan bahwa makhluk adalah Allah, dan Allah adalah makhluk.
                Adapun yang menjadi dalil dari kelompok Mu’tazilah dan yang sepaham dengannya yang mengingkari ru'yatullah adalah Firman Allah dalam surat AI-A'raf : 143 ketika Allah menjawab permintaan Nabi Musa agar dapat melihatnya di dunia maka Allah menjawab permintaan tersebut :        
وَلَمَّا جَاءَ مُوسَى لِمِيقَاتِنَا وَكَلَّمَهُ رَبُّهُ قَالَ رَبِّ أَرِنِي أَنْظُرْ إِلَيْكَ قَالَ لَنْ تَرَانِي وَلَكِنِ انْظُرْ إِلَى الْجَبَلِ فَإِنِ اسْتَقَرَّ مَكَانَهُ فَسَوْفَ تَرَانِي فَلَمَّا تَجَلَّى رَبُّهُ لِلْجَبَلِ جَعَلَهُ دَكًّا وَخَرَّ مُوسَى صَعِقًا فَلَمَّا أَفَاقَ قَالَ سُبْحَانَكَ تُبْتُ إِلَيْكَ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُؤْمِنِينَ(الأعرف :143)
                Dan surat al-An’am ayat 103 :
لَا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْأَبْصَارَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ (الأنعام: 103)

G. Kesimpulan & Penutup
                Perkara Ru’yatullah merupakan persoalan yang tidak mudah untuk dikuliti dan memberikan informasi yang sesuai karena melihat Allah tidak serta merta seakan melihat sesuatu yang bisa dilihat, namun melihat Allah adalah  melihat yang maha agung, melihat sang pencipta, terlebih persoalan ini sangat erat kaitanya dengan alam akhirat yang sarat eskatologi, sulit untuk mengetahui informasi tentangnya kecuali lewat al-Akhbar al-Mughayyabat dari al-Qur’an maupun al-Hadis. Dapat disimpulkan bahwa :
- Ru’yatullah berarti melihat Allah SWT dengan penglihatan mata kita. Dinamakan demikian karena pada hari ketika manusia dibangkitkan, kelak manusia akan dapat melihat Allah SWT dengan mata kepala sendiri.  
- Ru’yatullah adalah rentetan kehidupan alam akhirat yang pasti terjadi dan dilewati oleh setiap manusia yang telah hidup di alam nyata (dunia), ini muncul sebagai pembuktian eksistensi bahwa Allah SWT adalah Rabb yang maha besar dan yang maha segalanya.
-  Gambaran Ru’yatullah adalah Allah menyandarkan penglihatan kepada wajah, padahal anggota badan pada wajah yang dapat melihat yaitu mata, tetapi penglihatan kita kepada Allah tidak mampu mencakup keseluruhan tentang-Nya,
-  Kontroversial Ahlu Sunnah Wa al-Jama’ah & kaum Mu’tazilah serta yang sepaham dengannya bahwa Ahlu as-Sunnah wa al-Jama’ah mengimani bahwasanya kaum Muslimin akan melihat Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hari Kiamat secara jelas dengan mata kepala mereka sebagaimana melihat matahari dengan terang, tidak terhalang oleh awan sebagaimana mereka melihat bulan di malam bulan purnama  sedangkan golongan yang kontra dengan ini mengatakan bahwasanya Allah tidak akan bisa dilihat. Dengan dalil pada surat al-An’am ayat 103 dan al-A’raf ayat :143.
- Diantara yang kontra dengan adanya ru’yatullah seperti al-Jahm bin Shofwan as Samarkandy dengan gerakan Jahmiyahnya, Amr bin Ubaid, dan Washil bin Atho’ al Fazary dengan gerakan Mu’tazilahnya serta golongan al Imamiyah dan az Zaidiyah dari kelompok Syi’ah, mereka memelintir nash-nash yang berkaitan dengan ru’yatullah, berusaha mempreteli dan menjauhkan umat dari aqidah yang benar, bukan hanya mereka yang tengah berusaha menyimpangkan umat, tetapi juga muncul dari kelompok suluk kaum sufi yang beranggapan bahwa Allah dapat dilihat di dunia dan di akhirat.
                Kiranya inilah makalah yang dapat penulis sajikan, untaian terima kasih tak lupa disampaikan kepada Bapak Dr, Agung Danarto,M.Ag selaku dosen pengampu mata kuliah Hadis III dan pihak-pihak yang turut membantu. Tersadari bahwa masih terdapat kekurangan oleh karena itu semangat, kritik dan saran, legowo penulis harapkan.  

                 






















Daftar Pustaka

Al-Qur’an Terjemah DEPAG R.I
Sibawaihi. Eskatologi al-Ghazali dan Fazlur Rahman; Studi Komparatif Epistemologi                Klasik-Kontemporer.Yogyakarta: Penerbit Islamika,2004.
Munawwir, Ahmad Warson. Al Munawwir ; Kamus arab-Indonesia. Surabaya :Pustaka             Progresif.
CD ROM. Mausuah al-Hadis al-Syarif, (Global Islamic Software,1997)
CD ROM. al- Maktabah al-Syamilah, (Global Islamic Software)
Ahmad, Abdul al-Rahim, Daqaiq al-Akhbar fi Dzir al-Jannah Wa al-Nar. Beirut : Dar al-             Kutub al-‘Ilmiyyah,1984
al-Maliki, Muhammad bin ‘Alwi. Khashash al-Ummah al-Muhammadiyyah. Madinah :2000.
Zuhri, Muhammad. Telaah Matan al-Hadis; Sebuah Tawaran Metodologis.Yogyakarta: LESFI, 2003.
Imam an-Nawawi. Ahadis al-Arba’in al-Nawawiyah. Solo : Era Intermedia : 2006.
Saifuddin. Hadis Taraktu Fikum Amraini ; Suatu kajian Keshahihan Hadis dengan Pendekatan Teologis.Yogyakarta:Penerbit Teras, 2006.






[1] Hadis riwayat al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, Kitab al-adzan, Bab fadhlu as-Sujud, no : 764, CD Maushu’ah al-Hadis al-Syarif, Global Islamic Software, 1991-1997.
* penelusuran atau pencarian teks hadis pada berbagai kitab hadis yang merupakan sumber asli hadis yang bersangkutan, yang didalam sumber asli tersebut dikemukakan secara lengkap sanad dan matan hadisnya, dilakukan dengan maksud : mengetahui asal usul riwayat yang akan diteliti, untuk mengetahui seluruh sanad bagi hadis yang akan diteliti, mengetahui ada tidaknya dukungan (corroboration) pada sanad yang diteliti (Saifuddin, “Hadis Taraktu Fikum Amrain”,suatu kajian keshahihan hadis dengan pendekatan teologis(Yogyakarta:Penerbit Teras :2006)hlm 5-6
[2] Hadis riwayat Muslim, Shahih Muslim, Kitab al-Iman, Bab Thariqu Ma’rifah al-Ru’yah, no : 267, CD Maushu’ah al-Hadis al-Syarif, Global Islamic Software, 1991-1997.
[3] Hadis riwayat Muslim, Shahih Muslim, Kitab al-Iman, Bab Thariqu Ma’rifah al-Ru’yah, no : 269, CD Maushu’ah al-Hadis al-Syarif, Global Islamic Software, 1991-1997
[4] Hadis riwayat at-Tirmidzi, Ma Ja’a Fi al-Syafa’ah, no :2358, CD Maushu’ah al-Hadis al-Syarif, Global Islamic Software, 1991-1997.
[5] Ahmad Warson Munawwir, kamus al-Munawwir, (Surabaya:Penerbit Pustaka Progressif,2002)hlm 460
[6] QS al-An’am ayat 103
* حدثني محمد بن سعد قال، حدثني أبي قال، حدثني عمي قال، حدثني أبي، عن أبيه، عن ابن عباس قوله:"لا تدركه الأبصار وهو يدرك الأبصار"، يقول: لا يحيط بصر أحدٍ بالملك . حدثنا بشر قال، حدثنا يزيد قال، حدثنا سعيد، عن قتادة قوله:"لا تدركه الأبصار وهو يدرك الأبصار"، وهو أعظم من أن تدركه الأبصار . حدثني سعد بن عبد الله بن عبد الحكم قال، حدثنا خالد بن عبد الرحمن قال، حدثنا أبو عرفجة، عن عطية العوفي في قوله: ( وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَاضِرَةٌ إِلَى رَبِّهَا نَاظِرَةٌ ) ، قال: هم ينظرون إلى الله، لا تحيط أبصارهم به من عظمته، وبصره يحيط بهم، فذلك قوله:"لا تدركه الأبصار"، الآية (المكتبة الشاماة)

[7] Al-Qur’an terjemah DEPAG R.I
[8] HR. Muslim (no. 2930 (95)), Mukhtashar Shahiih Muslim (no. 2044), dari Sahabat ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu ‘anhuma
[9] HR. Muslim (no. 177 (287)). Lihat juga masalah ini dalam Syarhul ‘Aqiidah ath-Thahaawiyyah (hal 188-198) takhrij Syaikh al-Albani, dan Majmuu’ Fataawaa Syaikhil Islaam Ibni Taimiyyah (VI/509-512).
Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Nabi juga melihat Allah dengan hati-nya. Pendapat ini berdasarkan riwayat dari Sahabat Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma
[10] Sibawaihi, Eskatologi al-Ghazali dan Fazlurrahman; Studi komparatif Epistemologi Klasik-Kontemporer (Yogyakarta:Penerbit Islamika:2004), hlm.84
[11] Wahid Ahmadi, Terjemahan Hadis-Hadis Arba’in Nawawiyah,(Solo : Penerbit Era Intermedia:2006),hlm 19.
[12] HR. Al-Bukhari (no. 554) dan Muslim (no. 633 (211)), dari Sahabat Jarir bin ‘Abdillah Radhiyallahu ‘anhu. Lafazh “tudhommuuna” bermakna tidak terhalang oleh awan, bisa juga dengan lafazh “tudhommuuna”ó yang bermakna tidak berdesak-desakan. Lihat Fat-hul Baari (II/33).

[13] Lihat Syarah Lum’atul I’tiqaad (hal. 87), oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah
*Rasulullah menafsirkan lafadz “ziyadah”(tambahan) pada ayat diatas dengan kenikmatan dalam melihat wajah Allah SWT sebagaimana diriyatakan Dari Shuhaib Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila ahli Surga telah masuk ke Surga, Allah berkata: ‘Apakah kalian ingin tambahan sesuatu dari-Ku?’ Kata mereka: ‘Bukankah Engkau telah memutihkan wajah kami? Bukankah Engkau telah memasukkan kami ke dalam Surga dan menyelamatkan kami dari api neraka?’ Lalu Allah membuka hijab-Nya, maka tidak ada pemberian yang paling mereka cintai melainkan melihat wajah Allah Azza wa Jalla. Kemudian Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ayat ini: ‘Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (Surga) dan tambahannya.’” [Yunus: 26] [HR. Muslim (no. 181), at-Tirmidzi (no. 2552 dan 3105), Ibnu Majah (no. 187), Ahmad (IV/332-333), Ibnu Abi ‘Ashim (no. 472), dari Shuhaib Radhiyallahu ‘anhu dan ini adalah lafazh Muslim)
[14] HR. Muslim (no. 2930 (95)), Mukhtashar Shahiih Muslim (no. 2044), dari Sahabat ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu ‘anhuma
[15] Lihat Syarah Ushuul I’tiqaad Ahlis Sunnah wal Jamaa’ah (III/562 no. 889).
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan Tuliskan Komentar Anda disini. jika anda belum mempunyai Google Account atau Open ID, Anda bisa Menggunakan Name/Url (disarankan menggunakan opsi ini) atau Anonimous. Mohon berkomentar dengan bijak dan jangan spamSilahkan komentar